Tugas Manajemen dalam implementasi strategi :
1.
Membangun organisasi yang mempunyai kemampuan untuk
mengeksekusi strategy dengan baik.
Dalam
melakukan eksekusi strategi akan sangat tergantung dengan kompetensi resource,
capability organisasi dan efektivitas dari organisasi itu sendiri. Sehingga
sangat penting untuk melakukan staffing yang baik, membangun core competency
dan membentuk struktur organisasi dan process yang efektif dan efisien.
2.
Memastikan ketersedian budget dan resource untuk
mengeksekusi strategi.
Tanpa
adanya ketersediaan budget dan resource yang cukup maka suatu strategi akan
tidak bisa dieksekusi dengan baik.
3.
Membuat Policy dan prosedur yang mendukung eksekusi
strategi
Perlunya
aturan (policy) dan prosedur yang baik dan sesuai dengan kebutuhan untuk
mendukung eksekusi strategi
4.
Melakukan adopsi best practices dan melakukan
continuous improvement.
Untuk
memastikan strategi eksekusi yang baik perlu melakukan benchmark untuk melihat
best practices yang mungkin diimplementasikan dalam eksekusi strategy dan
sesudah itu tetap melakukan continuous improvement untuk mendapatkan hasil yang
lebih optimal lagi.
5. Menyediakan Information dan operation system untuk
mempermudah karyawan dalam melakukan eksekusi strategi.
Dengan
adanya information dan operation system yang baik dan sesuai dengan kebutuhan
perusahaan maka akan mempermudah karyawan untuk melakukan eksekusi strategi
misal dengan automation process, adanya indicator dashboard mengenai pencapaian
eksekusi strategi sehingga bisa segera dilakukan perbaikan apabila ditemukan
penyimpangan dari target yang direncanakan sebelumnya.
6.
Memberikan reward dan insentif untuk strategy execution
Memberikan
reward dan insentif kepada karyawan apabila sukses melaksanakan strategy
execution dalam rangka meningkatkan motivasi karyawan.
7.
Membentuk corporate culture yang kuat yang memperkuat
strategy execution yang baik.
Dengan
corporate culture yang kuat maka organisasi akan mudah melakukan strategy
execution yang baik karena adanya nilai-nilai yang menjadi standar acuan
karyawan dalam berperilaku dan bertindak untuk mencapai hasil yang terbaik
untuk organisasi.
8.
Memimpin proses strategy execution
Pemimpin (leader) harus memimpin kegiatan strategi execution, memastikan
strategi execution itu berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan
support dalam proses execution apabila muncul kendala yang harus diselesaikan.
No comments:
Post a Comment