Wednesday, November 16, 2011

Cara Downgrade Ipad/Iphone/Ipod IOS 5 ke IOS 4.3.3

Apple telah meluncurkan IOS 5 dengan berbagai kelebihan seperti iCloud, iMessage dan beberapa fungsi lainnya yang sangat menarik. Namun yang jadi masalah adalah rata-rata pemakai baru tahu kalau IOS 5 bisa dijailbreak namun thetered sehingga setiap IPAD, IPHONE & IPOD abis di matikan maka harus dikonekin lagi dengan komputer untuk jailbreak.
Hal tersebut sangat merepotkan sehingga hampir semua forum merekomendasikan memakai IOS 4.3.3 sebagai IOS terbaik karena bisa dijailbreak dengan unthetered dan bisa langsung di jailbreka via web di www.jailbreakme.com .
Disini akan saya coba sharing cara untuk downgrade dari IOS diatas 4.3.3 & IOS 5 ke IOS 4.3.3 dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Download IOS 4.3.3 tergantung tipe perangkat apple yang kita miliki ke folder tertentu :


2. Selanjutnya kita harus memanipulasi iTunes untuk menerima firmware lama dengan mencegah koneksi ke server Apple. Untuk melakukan ini, gunakan Explorer (pada Windows) atau Finder (pada OS X) dan arahkan ke \Windows\ System32\drivers\etc\ pada Windows dan /etc/ pada Mac. Kemudian Cari file bernama host dan buka dengan editor teks favorit Anda. Sebaiknya sebelum file host dirubah jangan lupa dibackup terlebih dahulu dengan nama misalnya host.old


Tambahkan tulisan dibawah ini kedalam file host dibagian paling bawah dan kemudian simpan :
74.208.105.171 gs.apple.com


3. Buka iTunes dan hubungkan perangkat perangkat ke komputer kemudian setting device ke mode DFU - Hal ini untuk membuat beberapa perubahan yang diperlukan dalam rangka untuk downgrade sistem. Untuk melakukan hal ini, matikan perangkat benar-benar off, tekan dan talan tombol Power dan Home (secara bersamaan) selama 10 detik, kemudian lepaskan tombol Power tapi tetap memegang tombol Home selama 10 detik lebih. Jika Anda memasuki mode DFU berhasil, layar Anda sekarang harus kosong (tidak harus menampilkan logo iTunes), jika tidak hanya ulangi langkah ini. Mungkin butuh beberapa mencoba untuk mendapatkan yang benar.


4. Selanjutnya pilih perangkat Anda dari sidebar program iTunes dan untuk mengembalikan ke firmware lama yang telah Anda download sebelumnya. Untuk melakukan hal ini, tahan tombol Alt (jika Anda menggunakan OS X) atau Shift (jika Anda berada di Windows) pada keyboard Anda, tekan tombol "restore" di iTunes dan arahkan ke file firmware yang telah didownload sesuai langkah 1 diatas.

Jika anda mendapatkan error 1013 selama proses tersebut diatas adalah normal yang mengakibatkan perangkat masuk ke recovery mode.
Untuk keluar dari recovery mode bisa menggunakan TinyUmbrella (Windows, Mac). Dari program ini dapat memilih "exit recovery" ke normal mode.


Demikianlah cara untuk downgrade IPHONE, IPAD & IPOD ke IOS 4.3.3.
Semoga membantu. Bagi yang ingin dibantu downgrade dan berada didaerah Jakarta dapat menghubungi ke email madces@yahoo.com

Dicopy dari website www.redmonpie.com

8 comments:

Anonymous said...

kalo gak ada SHSH bisa gak bos?

Akhmad Madces said...

Bisa … Tidak perlu pakai SHSH .. kalau punya backup SSHnya akan lebih cepat recoverynya. Tidak perlu modifikasi di Itunesnya.

MAPI said...

downgrade ipad 2 3G dr 5 ke 433 tidak akan bs dengan cara ini..n sampe skrg blm ada caranya krn basebandnya sudah tdk disign lg.. saya pake ipad 2 3G ios 5 skrg sebelumnya 4.3.3 JB n udah save SHSH.

Rahmat said...

Kalo sdh terlajur upgrade ke 5.0.1 bisa gak bos di downgrade?

d2 said...

saya dari iOS 5.0.1 kenapa ga bisa downgrade ke iOS 4.3.3 ? selalu muncul error 3194...mohon penjelasannya, terima kasih.

alale said...

@d2,,,
coba buka di web_nya apple sub menu support. disana ada di jelasin kode error. untuk error 3194, penjelasannya bahwa iTune hrs diupdate ke versi terbaru.

b03dy79 said...

Bro aq punya iphone 4 slotnya udah geve,trs lupa waktu ada update kepencet ok n jd ios 5.0.1 dah!
Akhirnya jaringan gsm muncul tulisan Tiada Layanan,gmn nih bro supaya bisa kepakek lg iphone 4 aku...
Mohon bantuannya n dikirim ke b03dy79@gmail.com

b03dy79 said...

Bro aq punya iphone 4 slotnya udah geve,trs lupa waktu ada update kepencet ok n jd ios 5.0.1 dah!
Akhirnya jaringan gsm muncul tulisan Tiada Layanan,gmn nih bro supaya bisa kepakek lg iphone 4 aku...
Mohon bantuannya n dikirim ke b03dy79@gmail.com