Saturday, March 12, 2011

Cloud Computing

Cloud computing adalah kata-kata yang sekarang ini sudah mulai popular di dunia IT. Technology ini kemungkinan akan menjadi masa depan dari dunia IT karena akan membuat biaya TI menjadi jauh lebih murah.
Apa sich sebenarnya cloud computing ? Menurut wikipedia, Cloud computing is computation, software, data access, and storage services that do not require end-user knowledge of the physical location and configuration of the system that delivers the services. Contoh implementasi dari cloud computing adalah aplikasi komputer seperti word, excel yang tidak membutuhkan lagi fisik seperti server atau PC untuk menjalankan program tersebut ataupun untuk menyimpan file yang sudah dibuat namun hanya dengan web browser maka semua aplikasi tersebut sudah ada dan bisa digunakan kapa saja. Sehingga dengan cloud computing maka PC hanya perlu diinstall OS dan web browser dengan storage yang minimal sedangkan software & storagenya tinggal mengakses web browser tersebut sebagai interface ke semua aplikasi yang ada didalam cloud computing tersebut.
Implementasi dari cloud computing ini didukung oleh munculnya Service Oriented Architecture (SOA), Virtualization, autonomic and utility computing. Disamping itu, faktor yang mendukung lainnya adalah pertumbuhan infrastruktur datacomm internet dengan bandwidth yang besar. Hal ini sebenarnya menjadi peluang bisnis baru bagi perusahaan yang memiliki storage yang besar dengan koneksi bandwidth internet yang besar untuk menjual solusi ini, walaupun yang menjadi tantangannya bagaimana mereka menyediakan jaringan secara end to end sampai ke end customer. Dengan kemajuan teknologi telekomunikasi saat ini, sebenarnya ini bisa menjadi bisnis baru juga buat operator telekomunikasi untuk bermain disitu karena mereka sudah mempunyai network dengan bandwidth yang besar dan coverage yang luas. Sehingga yang kurang hanya infrastruktur server dengan aplikasi yang lengkap didalamnya.
Namun Google sebagai leading company untuk inovasi di web telah meluncurkan google document sebagai solusi gratis untuk cloud computing ini walaupun belum tersedia aplikasi yang lengkap. Kedepannya business ini akan sangat potensial apabila didukung dengan infrastruktur yang baik dengan solusi yang complete, robust dan fast.
Written by Madces

No comments: